Jumat, 02 September 2016

KOLEKSI NOVEL HELVY TIANA ROSA



Helvy Tiana Rosa (lahir di Medan, Sumatera Utara, 2 April 1970; umur 45 tahun) adalah sastrawan berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa puisi, cerita pendek, novel, dan esai sastra yang dimuat di berbagai media massa. Helvy merupakan pendiri Forum Lingkar Pena, Teater Bening, dan majalah Annida. Helvy adalah salah satu akademikus di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

Sejak usia muda, Helvy sudah mengakrabi dunia seni, utamanya puisi dan prosa. Selain tulis-menulis, dia juga menggeluti dunia seni peran dengan bergabung dengan Teater 78 dan menulis beberapa naskah drama.

Usai menamatkan pendidikan SMA-nya, Helvy melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Asia Barat, Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dengan konsentrasi program studi Sastra. Di kampus itu, aktivitas seni dan organisasi Helvy semakin meningkat.

Helvy juga pernah duduk di Litbang Senat Mahasiswa UI (1994-1995). Selama di UI Helvy memenangi berbagai perlombaan menulis yang diadakan FSUI maupun di UI, antara lain lomba resensi buku sastra, lomba resensi buku yang kian mengasah kemampuannya menuliskan cerpen. Mulai saat itu, karya-karyanya sering terpublikasikan di sejumlah media massa. Berbagai penghargaan telah diterima oleh Helvy, atas karya-karyanya yang menginspirasi generasi muda. 

Novel-novel karya Helvy Tiana Rosa seperti disebutkan berikut ini: Bukan di Negeri Dongeng, Hingga Batu Berbicara, Ketika Mas Gagah Pergi, Lelaki Kabut dan Boneka, Lorong Kematian, Mencari Senyum, Pattimura, Sebab Aku Ingin, dan lainnya.

Helvy juga memiliki seorang adik yang memiliki banyak karya yaitu Asma Nadia. Karyanya sudah beberapa yang diubah dalam bentuk film layar lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar