Bahan
Ajar Kelas IX-7
Fakta
dan Opini dalam Teks Iklan di Surat Kabar
Guru
Mata Pelajaran : Zulfikar, S.Pd
Tujuan Pembelajaran
• Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
melalui kegiatan membaca intensif.
Pernahkah kamu
membaca iklan? Di manakah kamu menemukan iklan tersebut? Iklan dapat kamu baca
atau temukan di berbagai jenis media, baik cetak maupun elektronik. Iklan
biasanya dikemas dalam bentuk yang menarik. Hal ini bertujuan untuk memikat
calon pembeli terhadap produk yang diiklankan. Setidak-tidaknya, iklan dapat
memancing rasa ingin tahu bagi setiap orang yang melihat atau membacanya.
Ketika membaca iklan, sebenarnya kamu mencari informasi mengenai barang dan
jasa. Informasi yang diperoleh melalui membaca iklan biasanya berupa fakta dari
produk tersebut. Hal ini mengingat bahwa tujuan pemasang iklan adalah
memperkenalkan produknya kepada calon konsumen. Bahkan, untuk menunjukkan
kualitas barang dan jasanya.
Membedakan Fakta dan
Opini dalam Teks Iklan di Surat Kabar
Pernahkah kamu
membaca iklan makanan kesehatan di surat kabar? Perhatikan iklan yang dimuat di
surat kabar itu. Dalam iklan itu disebutkan istilah dan kandungan gizi sebuah
produk. Inilah yang disebut dengan fakta iklan. Kata-kata yang digunakan dalam
iklan itu berusaha menjelaskan kualitas dan keunggulan produknya. Itulah daya
tarik iklan, membuat sebuah keyakinan bagi pembacanya akan kualitas produk.
Pada saat membaca iklan di surat kabar, kamu harus dapat membedakan kata atau
ungkapan yang digunakan. Dalam sebuah iklan pasti digunakan ungkapan sebagai
fakta dan opini. Fakta adalah keadaan yang benar-benar ada dan dapat
dibuktikan. Misalnya kandungan gizi, indikasi, istilah, dan identitas produk.
Berbeda halnya dengan fakta, dalam opini digunakan katakata atau kalimat yang
memancing rasa ingin tahu. Hal ini dimaksudkan agar calon konsumen atau pembeli
penasaran. Dalam opini, akan kamu temukan kata-kata yang bersifat pendapat atau
gagasan produsen untuk memancing konsumen.
Membaca Intensif Iklan
di Surat Kabar
Membaca intensif
berarti membaca dengan memperhatikan setiap kata atau istilah yang digunakan
dalam bacaan tersebut. Seperti telah kamu ketahui, iklan ditulis dengan
singkat, jelas, dan tidak menipu. Pihak produsen yang membuat iklan tidak boleh
menutup-nutupi kekurangannya dan melebih-lebihkan produknya dalam menulis
opini, tetapi harus menyajikan opini yang sesuai fakta pada pembaca sebagai
pihak konsumen. Sekarang, coba kamu pahami iklan dari sebuah majalah di
samping! Dalam menentukan opini berdasarkan iklan, kamu harus membuktikan
dengan fakta yang mendukung.
Contoh fakta:
Identitas produk:
Nama : Biskuit bayi merk
"Milna"
Produksi : Kalbe Farma
Keunggulan : Satu-satunya biskuit bayi yang menggunakan AA & DHA dan
nutrisi lengkap lainnya.
Komposisi : AA & DHA
Prebiotik
18 vitamin dan mineral
Kalsium susu
Tanpa pengawet dan pewarna
Contoh opini
• Milna Biskuit Bayi kini lebih kaya gizi
dengan menambahkan formula "Bran
Care & Body Defense".
• Brain Care, merupakan paduan dari AA & DHA yang penting untukmembantu
mengoptimalkan
perkembangan otaknya.
• Body Defense, karena Milna Biskuit
mengandung Prebiotik dan Antioksidan, zat penting yang
dapat membantu
Meningkatkan daya tahan tubuh si
Kecil.
• Milna Biskuit juga dilengkapi
Kalsium Susu untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta 18 Vitamin dan
Mineral
penting.
Kerjakan latihan berikut!
1.
Baca dan pahamilah
dua iklan dari majalah berikut ini!
Iklan A Iklan B
Iklan A Iklan B
2.
Dari dua iklan
majalah di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Jenis
|
Fakta
dalam Produk
|
Opini
|
Iklan A
|
.............................................................
|
............................................................
|
Iklan B
|
.............................................................
|
...........................................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar